Selamat Datang

Dalam banyak kisah yang dibuat para pembuat film, sering ada dua wajah yang menggambarkan Polisi, yaitu Polisi Baik dan Polisi buruk. Polisi baik adalah mereka yang digambarkan bisa tampil dalam perannya sebagai pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat. Polisi buruk adalah mereka yang digambarkan tampil dalam perilaku menakutkan, bersikap mentang-mentang dan mata duitan (Akhlis Suryapati, Wartawan/ Seniman). figur Polisi yang diinginkan tentunya adalah Polisi Baik, sosok Polisi yang selalu menjadi impian dan harapan oleh semua orang. Melalui blog ini ITWASDA POLDA KALIMANTAN SELATAN menyajikan kumpulan kisah humanis Kepolisian dari berbagai sumber yang bisa menjadi teladan bagi Kepolisian Sendiri maupun masyarakat.

Gak Mungkin Masuk Polisi Tanpa Duit

 “Berapa kamu habis untuk masuk Polisi??” 

Inilah pertanyaan yang paling sering dilontarkan orang lain kepada saya terkait profesi saya selaku anggota Polri. Pertanyaan ini bisa dilontarkan baik oleh teman, keluarga, masyarakat bahkan oleh anggota Polri sendiri. Saat saya jawab bahwa saya lulus Polisi gak pakai uang (gratis) sebagian besar tanggapannya bernada ketidak percayaan. 

"Ahh… gak mungkin gak pakai uang", "Gak ada yang gratis di dunia ini", "benar aja kamu gak bayar, kan orang tuamu yang bayar", "pasti kamu punya keluarga atau kenalan orang dalam", dan tanggapan ketidak percayaan lainnya. 


Awalnya saya merasa tersinggung dan amat sakit hati mendengar tanggapan-tanggapan seperti itu, namun kalo saya ingat lagi sayapun dulu juga sempat tidak percaya apakah saya benar-benar lulus jadi Polisi pada saat kelulusan akhir telah diumumkan, padahal saya tidak bayar sepeserpun sebagai uang pelicin. Saking tidak percayanya bahwa saya bisa masuk polisi tanpa sogok, sayapun menyuruh adik saya untuk daftar Polisi, eh… diapun lulus jadi anggota Polri. 

Jadi wajar saja apabila orang menganggap bahwa tidak mungkin seseorang bisa masuk polisi tanpa duit. Saya paham karena sebelum menjadi Polisi, sayapun juga berpikir demikian hingga saya membuktikannya sendiri bahkan sampai-sampai adik saya lulus Polisi baru saya yakin 100 % bahwa apabila Allah SWT menghendaki tanpa sogok/suap/uang pelicin pun kita tetap bisa masuk Polisi. 

Terus kenapa ada Polisi yang mengaku bahwa dia telah membayar sejumlah uang sehingga dia bisa lulus menjadi anggota Polisi hingga saat ini. Nah untuk hal yang satu ini, menurut hemat saya kemungkinan dia sudah tertipu. Sebenarnya dia lulus secara murni namun karena adanya bujuk rayu dari calo bahwa dia harus membayar sejumlah uang untuk bisa lulus maka diapun mengikutinya. Padahal calo tersebut hanya menipunya dan seandainya dia tidak bayarpun tetap bisa lulus.

Soalnya pengalaman saya sewaktu hari-hari menjalani tes penerimaan Polisi ada saja yang menawarkan kepada orang tua bahwa apabila saya ingin lulus harus membayarkan sejumlah uang. Baik dari tetangga hingga dari keluarga sendiri yang mengaku mengenal Polisi A atau Polisi B yang bisa meluluskan tes menjadi Polisi. Namun apa jawaban orang tua saya yang masih saya ingat sampai sekarang, "Anak saya ini daftar Polisi cuma coba-coba saja cari pengalaman daftar kerja, apabila lulus ya Alhamdulillah... kalau gak lulus ya gak apa-apa".

Oleh karena itu, bagi anda yang ingin mendaftar Polisi saya harapkan janganlah anda memulainya dengan cara yang buruk yaitu dengan sogok/suap/uang pelicin/menggunakan jasa calo dll. Pekerjaan sebagai Polisi adalah pekerjaan yang mulia namun apabila anda memulai pilihan hidup anda dengan sesuatu yang buruk maka pada akhirnya akan menghasilkan yang buruk pula. Percayalah bahwa apabila Allah SWT telah menetapkan kita untuk lulus menjadi anggota Polri pasti kita akan lulus walau tanpa sogokan atau suap dan kalaupun kita tidak lulus menjadi anggota Polri kita masih bisa berpikir positif bahwa Allah SWT telah menyiapkan jalan hidup yang jauh lebih baik ketimbang sekedar menjadi anggota Polri.

Bagi para pembaca tulisan ini, Sudah menjadi hak anda untuk mempercayai atau tidak mempercayai suatu tulisan yang anda baca. Apabila anda percaya saya amat bersyukur, namun apabila anda tidak percaya, sayapun tidak meyalahkan dengan tetap mengharapkan semoga tulisan ini dapat bermanfaat bagi yang membaca. 

By Briptu Ahmad Ridha 

Artikel terkait :
Masuk Polisi Pakai DUIT
Lulus Polisi dengan Sogok

48 komentar:

  1. yg benar si pak
    ??
    tpi teman sy pas tes ini itu sudah lolos tinggal tes pantohir, dia dipinta uang ama panitia sy tdk tau brapa yg dipintanya. dan berhubung teman sy kurang mampu dia tdk sanggup utk mengash uang trsbt, dan akhrnya dia gagal. nah apakh itu tindak kkn pak yg sprti dilakukan oleh panitia. trmksh mohon pnjelasannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Assalamualaikum Wr. Wb.

      Alhamdulillah teman bapak tidak menyerahkan uang sehingga tidak tertipu, seandainya dia menyerahkan uangpun teman bapak tetap tidak lolos Polisi bahkan uangnya bakal hilang karena tertipu dan kalaupun uangnya kembali pasti tidak utuh lagi 100 %.

      Jadi, terhadap perbuatan oknum polisi yang meminta sejumlah uang dengan janji akan meluluskan teman anda jadi polisi, menurut hemat kami dapat dikenakan ketentuan UU Tipikor mengenai penyuapan sebagaimana diatur Pasal 5 ayat (1) jo. Pasal 12 huruf a dan huruf b UU No. 20 Tahun 2001 tentang Perubahan Atas UU No. 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi (“UU Tipikor”).

      Demikian info dari kami semoga bermanfaat

      Wassalam

      Hapus
    2. Anonim16.28.00

      pak mau nanya gigi saya dicabut 2 itu masih bisa diterima gk???

      Hapus
    3. Dear Anonim,

      Asalkan giginya ditambal lagi, atau pakai gigi palsu. Kalo dibiarin saja bisa mengurangi poin kelulusan

      Hapus
    4. Anonim23.37.00

      dear rizki
      kalau mata minus apakah boleh masuk polisi ? maximal mata minus berapa masuk polisi ?
      mohon jawabannya

      Hapus
  2. Saya senang kalau memang begitu...karena sekarang Banyka orang pukul rata..masuk ya bayar... semoga banyak yang seperti anda pak.

    BalasHapus
  3. Saya ingin bertanya.
    Apakah ada sekelompok org yg menerima itu?
    Klw gitu lama2 org yg iklas dalam membela negara hanyalah tinggal nama.
    Saya juga pernah daftar dengan niat dan tekat saya untuk bela negara.
    Tapi saya gagal.
    Dan saya dengar dan org2 berkata tak ada uang maka langsung pulang.
    Dengarlah suara saya.
    Demi ctra anda(polri) harum kmbali saat kakek saya mnjabat sebagai brimob.
    Beliau sekarang udah tenang, dan saya yang ingin meneruskan.
    Tapi keinginan itu pudar setelah denger2 dari org untuk mnjadi polisi itu mahal.
    Bisa beri tanggapan untuk polri di nmbr saya.
    085335568355.
    Salam kepolisian indonesia.
    Semoga namamu semakin harum.
    Amin.

    BalasHapus
  4. saya tertarik dengan artikel bapak, karena selama ini saya berpandangan seperti itu, bahkan hal tersebut sudah menjadi pembicaraan yang lumrah di masyarakat. alhamdulillah kalau ada polisi yang bersih seperti bapak.

    BalasHapus
  5. Toh klo pun d trima dgn sogok uang atau gajih ny pn ngk brkah.. Trima ksih pak,sya skrng makin semangat utk mnjdi abdi negara yg jujur. Doa kn sya pak..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar sekali. mengenai oknum yg melakukan itu saya tulis hukumnya yang dari sudut pandang agama maupun hukum positif di indonesia pada situs berikut :
      http://figurpolisi.blogspot.co.id/2013/11/lulus-polisi-dengan-sogok.html

      Apabila menjadi anggota Polri adalah baik untuk saudara menurut Allah SWT semoga saudara dapat menjadi anggota Polri yang amanah, amin...

      Hapus
  6. 1 dibanding 1000 pak..kalau gk usah bayar..tmnku aja abis uang ratusan..kata ortu juga pak..mau daftar katanya wah mahal nak..gimana pnjlasanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih saudara Khoirul Rozikin telah mau mampir di blog kami dan memberikan komentar di sini. Untuk penjelasannya saudara Khoirul bisa buka tulisan kami di link berikut, semoga berkenan untuk membacanya.

      http://figurpolisi.blogspot.co.id/2011/12/lulus-polisi-pake-duit.html

      Hapus
  7. Pak, saya ada penyakit hernia wktu kecil, tapi wktu kecil sudah di operasi, skrg cma ada bekas nya sdikit, sedangkan syarat menjadi polisi tidak boleh ada penyakit hernia? Bagaimana itu pak? Apakah saya bisa menggapai cta" saya. Tlong di jwab pak, trima kasih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mohon maaf Pak Enggara Ramdansyah, saya tidak bisa menjawab pertanyaan saudara karena hal ini diluar dari bidang pengetahuan saya,

      namun saya bisa memberi saran saudara untuk berkonsultasi dengan Kedokteran Polisi di tempat saudara tinggal karena merekalah yang lebih berkompeten menjelaskan mengenai pertanyaan di bidang kesehatan.

      Kalaupun tidak bisa berkonsultasi langsung saudara bisa melakukan konsultasi secara online dengan memberikan pertanyaan ini di situs Sistem informasi kesehatan Polda Kalsel berikut :
      http://www.polisipedulikesehatan.com/

      Hapus
    2. Kalau saya punya tompel tanda lahir apakah bisa menggagalkan saya masuk polri,mohon bantuannya karena saya rencana mau masuk polri tahun 2017.

      Hapus
  8. Pak saya dulu pernah kena tbc, dan sekarang udah sembuh. Apa bisa ikut tes polisi? Mohon jawabannya pak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Anonim21.21.00

      Dicoba saja tapi kalau ditanya riwayat penyakit jangan ngaku pernah kena tbc ya Diem Diem aja heheh

      Hapus
  9. Anonim23.33.00

    pak kalau mata minus boleh masuk polisi gak ? kalau minus berapa maximal pak?

    BalasHapus
  10. Saya masih smp.Syarat"nya di bidang pengetahuan tinggi bgt ya,pdhl nilai mtk ku hancur pak,gimana ini,polisi adalah cita"ku sejak kecil :(

    BalasHapus
  11. Assalamualaikum wr.wb
    Salam hormat kpd pak ahmad ridha..
    Saya ingin bertanya kepada bapak bahwasannya tentang tes fisik/kesehatan. Saya ingin sekali masuk polisi pak. Dengan tujuan yg mulia yaitu untuk melindungi dan mengayomi masyarakat serta untuk mempertahankan dan menjaga NKRI. Akan tetapi yg menjadi kendala yaitu kaki saya yg berbentuk letter o(sekitar 4cm) yg selalu menghantui saya.. bahwasan nya ada yg mengatakan kalau tes polisi hanya memberi toleransi dengan ukuran 2 jari saja.. apkah benar itu pak..??
    Saya ingin sekali jdi polisi pak..

    Mohon jawaban nya pak
    Wassalam..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya ingin melamar pada 8 april 2016 besok pak.. mohon saran nya pak dan jawaban dari pertanyaan ini pak

      Hapus
  12. Anonim05.48.00

    Saya juga lulus polisi bintara tahun 2006 pak tanpa bayar sepeserpun. Awalnya saya daftar Akpol sampai di tes pntohir sy jatuh. Kala itu bapak sya ada yang menghubungi minta uang Rp. 500 juta. Namun kami tdk punya uang. Sy pun jatuh. Tapi kemudian ada informasi susulan bahwa bagi peserta yang jatuh di tes pantohir akpol masih bisa lanjut tes pantohir bintara. Sy pun lanjut tesnya, namun lagi2 bapak sy dapat telpon dari seseorang bahwa saya harus bayar Rp. 70 juta kalau mau lulus. Namun lagi2.keluarga menolak. Bukannya tidak mau tapi memang tidak mampu. Maka kami sekeluarga pun hanya bisa pasrah dan berdoa. Akhirnya keluar pengumuman sy dinyatakan lulus dan ikut pendidikan bintata. Sampai saat ini sy yakin bahwa untuk menjadi polisi tdk harus dengan bayar. Tapi bisa juga dengan pertolongan Tuhan Yang Maha Kuasa.

    BalasHapus
  13. Anonim05.55.00

    Saya pun tidak pernah menyalahkan teman teman yg membayar masuk. Karena semua adalah jalan takdir yg harus dilalui. Dari pengalaman sy teman2 yg mengaku membayar banyak juga yg pintar... Ada juga profesional.. Ada juga yg bobrok.. Namun kembali lagi tergantung manusianya.

    BalasHapus
  14. Saya heran masuk polisi itu syarat nya harus fisik yg bersih (tanpa tato)

    Tapi pada kenyataan nya saya sering liat polisi yang di tato

    Bahkan kelakuan nya pun bisa disebut kurang baik

    Saran saya pada ketua kapolri ,syarat untuk masuk polisi itu dicari akhlak dan etika yg baik
    Bukan nya fisik yg bersih
    Toh banyak org yg di tato ,tapi dia menyesal dan menjadi pribadi yang baik..

    Misalkan gini
    Seorang anak bercita cita menjadi polisi
    Tapi karena rasa kenakalan anak remaja ,dia pun coba coba memakai tato

    Dan saat dia ingin mendaftar jadi polisi ,dia di tolak mentah mentah

    Padahal perbuatan nya menggambari tubuh atau yg sering di kenal dengan (tato) itu hanya sekedar penasaran remaja semata.

    Dia sudah menyesali perbuatan tato nya
    Tapi dia tetap tidak bisa masuk kepolisian..

    Masukan dari saya.
    Tidak semua org bertato itu mempunyai pribadi yang buruk..
    Tato hanya lah seni yang nanti nya akan di sesali
    Semua org yg di tato itu merasakan rasa sesal yg amat mendalam
    Bahkan saya jamin org yg bertato itu lebih baik akhlak nya daripada koruptor koruptor yg mempunyai badan tanpa tato

    BalasHapus
  15. Anonim03.00.00

    Pak.. Sekedar mau menanyakan.. Kenapa harus ada syarat masuk brigadir minimal usia 17,5 tahun.. Bagaimana ttng kami yg masuk sekolah lebih cepat 1 tahun.. Dan bagaimana yg pada saat masa smp nya, dia termasuk murid yg pintar dan hanya butuh 2 tahun utk lulus smp.. Trimakasih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Anonim21.28.00

      Memang itu sudah syarat dari pusat dik ,mengenai perihal kurang umur mungkin bisa menunggu dan mempersiapkan agar kedepan nya lebih matang lagi,tks

      Hapus
  16. Anonim22.59.00

    Pak umur 21 tahun 4 bulan, masih bisa daftar polisi tidak ya ?

    BalasHapus
  17. Gan apakah kaki letter o gak bisa masuk polisi

    BalasHapus
  18. Gan apakah kaki letter o gak bisa masuk polisi

    BalasHapus
  19. Untuk max minus dr tahun ke tahun 0,75

    BalasHapus
  20. Pak maaf. Tetapi ada saja kan yg memakai orang dalam?

    BalasHapus
  21. Anonim22.51.00

    Assalamuallaikum wr.wb
    pak maaf ingin bertanya dipersyaratan jd polisi tinggi wanita yg ingin masuk polwan 160 cm , tp banyak polwan yg saya lihat tinggginya tidak ada 160 cm? sepertinya .. dan apabila tinggi nya hanya 158 cm apakah bisa masuk jd polisi pak ?
    tolong dijawab pak
    terimakasih

    BalasHapus
  22. Biar polisi di indonesia berkualitas, membela negara dengan iklas tulus n tanpa pamri,..tolong di tangakap oknum yg sering minta duit,..rata2 yg jadi polisi nyogok mo balikin modal dulu,...boro2 mo menganyomi n membela masyarakat,.negara...miris...

    BalasHapus
  23. Biar polisi di indonesia berkualitas, membela negara dengan iklas tulus n tanpa pamri,..tolong di tangakap oknum yg sering minta duit,..rata2 yg jadi polisi nyogok mo balikin modal dulu,...boro2 mo menganyomi n membela masyarakat,.negara...miris...

    BalasHapus
  24. Bekas oprasi hernia bisa daftarr jd polisi ga

    BalasHapus
  25. Pass pertama masuk sd ditanya guru "cita cita kamu apa? Saya pun menjawab dengan lantang di atas bangku kayu sampe sekarang bangku nya masi ada jadi saksi bisu saya menjawab "jadi poisi bu,,, lalu ibu menjawab "knpa?, karna paman saya di bunuh oleh segarombolan preman dan sampe thn sekarang aset aset catatan kepolisian nya belum jelas dan pelaku nya masih hidup #polisi👮

    BalasHapus
  26. Pass pertama masuk sd ditanya guru "cita cita kamu apa? Saya pun menjawab dengan lantang di atas bangku kayu sampe sekarang bangku nya masi ada jadi saksi bisu saya menjawab "jadi poisi bu,,, lalu ibu menjawab "knpa?, karna paman saya di bunuh oleh segarombolan preman dan sampe thn sekarang aset aset catatan kepolisian nya belum jelas dan pelaku nya masih hidup #polisi👮

    BalasHapus
  27. Permisi pak, masalah gigi gingsul 1 aja gimana ya pak? Apakah bisa lolos pak? Dan bagaimana gigi yang tidak rata pak? Kemungkinan besarnya di apa pak? Terimakasih

    BalasHapus
  28. maaf pak ap bila ingin masuk polisi tapi tdk mempunyai uang,namun saya mempunyai sertifikat voli,apa bisa masuk polisi pak.

    BalasHapus
  29. Ada temen saya blg klo dlm hal fisik temennya ya GK seberapa soalnya latihannya Barenng tapi sekali coba langsung lolos. Nah itu gmn...🤔 Masa iya cuma modal otak

    BalasHapus
  30. Terimakasih atas artikelnya pak. Dengan ini ilmu saya bertambah :) untung saya baca ini dulu sebelum daftar :)

    BalasHapus
  31. Anonim00.51.00

    Alhamdulillaah. Terima kasih Pak Ridha. Sangat menginspirasi. Saya adalah siswa kelas 2 sma yang ingin melanjutkan pendidikan ke akpol. Melihat artikel ini saya jadi semakin yakin akan diri saya, saya jadi benar2 bersemangat untuk lolos akpol dengan murni.

    BalasHapus
  32. Bapak kasih penjelasannya pak biar saya makin paham.klau daftar jdi polisi bayar apa enggk ya pak?


    Terimakasih

    BalasHapus